Gandeng 18 UMKM, DKV ITS Geber Pameran Promosi 

    Gandeng 18 UMKM, DKV ITS Geber Pameran Promosi 

    SURABAYA, - Mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terkenal dengan ide-ide kreatifnya. Melalui pameran bertajuk DKV Promosi Exhibition, mahasiswa mata kuliah Promosi semester empat memamerkan karya-karya yang mempromosikan 18 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur di gedung Departemen DKV ITS, Selasa (7/6/2022).

    Koordinator Pameran DKV Promosi Exhibition, Srilendra Agung Ikramawardhana menjelaskan bahwa pameran ini merupakan sebuah tradisi menjelang akhir semester untuk mata kuliah Promosi. Selain untuk memamerkan hasil karya kepada masyarakat umum dan mempromosikan UMKM yang menjadi mitra, pameran ini sekaligus sebagai bentuk pemenuhan kewajiban mata kuliah.

    Mawar, sapaan akrabnya, menyebutkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam persiapan maupun pelaksanaan pameran ini adalah 80 orang. Mereka terbagi menjadi 18 kelompok yang masing-masing memiliki satu mitra UMKM. Masing-masing kelompok menyiapkan stan pameran yang memiliki hiasan menarik dan mencirikan produk UMKM yang dipromosikan. Mereka juga menayangkan video iklan, website, katalog, brosur, hingga filter Instagram dan contoh produk.

    INFORMAN.ID
    market.biz.id INFORMAN.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Salah satu UMKM yang dilibatkan dalam pameran ini adalah Robries, yaitu UMKM milik alumni DKV ITS yang bergerak di bidang furnitur. Mawar yang juga menjadi salah satu anggota kelompok ini menjelaskan bahwa kelompoknya memilih Robries karena tertarik dengan bahan baku furnitur yang mereka pakai. “Walaupun bahan bakunya plastik, furnitur ini lebih kuat daripada keramik, ” klaim mahasiswa angkatan 2020 itu.

    Penjelasan mengenai pemilihan UMKM sebagai objek mata kuliah turut dijelaskan oleh Naufan Noordyanto SSn MS. Naufan beserta empat dosen pengampu Mata Kuliah Promosi merasa UMKM memiliki kesulitan setelah masa pandemi. Selain itu, kendala biaya desain dan kurangnya pengetahuan mengenai strategi kreatif media promosi menjadi alasan mengapa UMKM dipilih. 

    Sehingga para mahasiswa DKV semester empat ini diharapkan mampu membantu UMKM dengan desain yang mereka buat. “Ini sekaligus sebagai simulasi pembuatan promosi dengan data yang berasal dari lapangan, ” tuturnya.

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Lebih lanjut, menurutnya, pemilihan UMKM sebagai objek pameran ini bertujuan untuk menyelaraskan langkah dengan visi misi ITS dalam pengabdian masyarakat. Hal ini dirancang dan disepakati bersama oleh lima dosen pengampu Mata Kuliah Promosi. Mereka adalah Rabendra Yudistira Alamin ST MDs, Andita Wibyasti Sari Putri ST MDs, Didit Prasetyo ST MT, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD, dan Naufan Noordyanto SSn MSn. “Kami berusaha menyelaraskan arah studi dengan misi ITS dalam penelitian dan pengabdian, ” tegas Naufan. (HUMAS ITS)

    Reporter: Nurul Lathifah

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Banyak CPNS Mundur, Gubes UNAIR: Pemerintah...

    Artikel Berikutnya

    Wakapolda Jatim Pimpin Pakta Integritas...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Suhendi verified

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 742

    Registered: Aug 19, 2021

    Calvin Maruli

    Calvin Maruli verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Nov 8, 2020

    Suharyadi

    Suharyadi verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Nov 9, 2020

    Megy Aidillova

    Megy Aidillova verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Nov 12, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Dandim 1507/Saumlaki Komandan Upacara Pemberangkatan Satgas Pulau Terluar Koops XVI TA 2022

    Rekomendasi

    Bupati Sumenep Ajak Dandim Baru Ikut Cegah Peredaran Narkoba
    Penandatanganan Naskah Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021
    Pertama di Indonesia, ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior
    Sandiaga Uno : Desa Wisata Watu Kandang Trenggalek Memang Layak Masuk 50 Besar AWDI 2022
    Dekan FKM UNAIR Optimis Perwali Mampu Tingkatkan KTR di Surabaya

    Ikuti Kami