Kandidat BPK RI Kenalkan Dunia Kerja Menjadi Auditor Sektor Publik

    Kandidat BPK RI Kenalkan Dunia Kerja Menjadi Auditor Sektor Publik
    Sesi penyampaian materi dalam webinar career development oleh Nur Pratama Abdi M SAk melalui Zoom Meeting pada Senin (20/6/22).

    SURABAYA – Seiring berkembangnya zaman, fungsi audit semakin berkembang di kalangan perusahaan. Berbagai sektor mulai pemerintah, investor, pemegang saham, banker, dan masyarakat membutuhkan audit untuk menilai kualitas pekerjaan setiap karyawan serta prestasi dalam menjalankan sebuah perusahaan.

    Untuk mengatasi kebutuhan tersebut, dibutuhkan auditor atas laporan keuangan. Auditor dibutuhkan sebagai sarana terpercaya dalam membantu pelaksanaan tanggung jawab perusahaan dalam menilai kewajaran dan kesesuaian atas laporan keuangan mereka.

    Untuk itu, HMA SIKIA UNAIR Banyuwangi menggelar webinar career development bertajuk Starting Career to Become an Auditor as Bachelor of Accounting. Kegiatan itu bertujuan mengenalkan dunia kerja auditor serta pemberian strategi merintis karir menjadi seorang auditor.

    Dibutuhkan Kompetensi

    MEDIATOR.CO.ID
    market.biz.id MEDIATOR.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Webinar itu menghadirkan Nur Pratama Abdi M SAk selaku Auditor Candidate di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Sarjana Akuntansi UNAIR tersebut memfokuskan paparannya mengenai profesi auditor di bidang pemerintah.

    Sebagai permulaan, ia menyampaikan bahwa durasi mahasiswa dalam menjalani bangku perkuliahan bukanlah penentu kesuksesan seseorang. Pada akhirnya, hal ini tidak akan menjadi topik perbincangan di kalangan rekan instansi, melainkan kompetensi dalam mengemban pekerjaanlah yang menjadi poin penting dalam proses tersebut.

    Selaras dengan bahasan itu, pembicara yang kerap disapa Abdi ini menyebutkan, sekeras apapun seorang calon auditor mendalami materi pengauditan dibangku perkuliahan, pengalaman perihal pengaplikasian materi merupakan faktor terpenting. Menurutnya, praktek kerja lapang bagi mahasiswa merupakan hal yang harus ditekuni dalam proses pelaksanaan menjadi seorang auditor.

    Ia juga menjelaskan bahwa seorang auditor dalam pelaksanaannya mengikuti beberapa goals yang tertera. Salah satunya yaitu pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara, serta terwujudnya definisi pemerintahan yang baik. Kedua hal tersebut lebih terfokus pada auditor sektor publik yang menyediakan barang dan jasa tanpa memandang kepentingan profit.

    “Inilah yang membedakan antara sektor publik dan privat. Keduanya memiliki kepentingan masing-masing namun masih dalam ranah pengauditan laporan keuangan yang tertera, ” ujarnya.

    Abdi menambahkan, auditor privat akan lebih terfokus pada profit yang diberikan oleh perusahaan yang diaudit. Sektor tersebut hanya bertugas pada laporan keuangan perusahaan yang menjadi klien auditor.

    WARTAKESEHATAN.CO.ID
    market.biz.id WARTAKESEHATAN.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sementara pada sektor publik, auditor akan mengerjakan pemeriksaan menyeluruh mengenai laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Serta, terdapat pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan DTT (Dengan Tujuan Tertentu) pada kepatuhan dan investigasi di dalamnya.

    “Bisa dibilang auditor sektor publik memiliki kompleksitas lebih luas, dan hal tersebut berhubungan langsung dengan proses-proses penggunaan keuangan pemerintah dan negara, ” imbuhnya lagi.

    Oleh karenanya, kompetensi dan kemampuan mahasiswa sebagai calon auditor, khususnya auditor sektor publik, sangat diperhitungkan proses rekrutmennya. Mengingat, faktor-faktor yang diaudit tidak hanya berhubungan dengan kepentingan individu, melainkan berkaitan langsung dengan kehidupan warga negara perihal pendanaan yang terdistribusi dan undistribusi. (*)

    Penulis : Azka Fauziya

    Editor : Binti Q. Masruroh

    BROADCAST.CO.ID
    market.biz.id BROADCAST.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Teknik Perkapalan ITS Adakan Lokakarya Pembuatan...

    Artikel Berikutnya

    Pakar UNAIR Paparkan Efek Wabah PMK Terhadap...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 2242

    Registered: Jul 17, 2020

    Suhendi

    Suhendi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 148

    Registered: Apr 8, 2022

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 742

    Registered: Aug 19, 2021

    Calvin Maruli

    Calvin Maruli verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Nov 8, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Dandim 1507/Saumlaki Komandan Upacara Pemberangkatan Satgas Pulau Terluar Koops XVI TA 2022
    Sekda Andre Algamar Lantik 6 Pejabat Fungsional 
    Warga Jorong Koto Kaciak Tewas Tenggelam di Danau Maninjau saat Mancing
    Ustaz Zainal Arifin Ajak Peduli Sesama yang Tertimpa Musibah

    Rekomendasi

    Lagi, Kontingen Kabupaten Sumenep Tambah Dua Emas dan Satu Perak
    Penandatanganan Naskah Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021
    Bupati Sumenep Ajak Dandim Baru Ikut Cegah Peredaran Narkoba
    Pertama di Indonesia, ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior
    Dekan FKM UNAIR Optimis Perwali Mampu Tingkatkan KTR di Surabaya

    Ikuti Kami