Sehari, Tim Tabur Gabungan Amankan 2 DPO Kejari Batu

    Sehari, Tim Tabur Gabungan Amankan 2 DPO Kejari Batu

    SURABAYA - Tim Tabur (Tangkap Buronan) gabungan  Kejaksaan Agung RI,  Kejati Jatim, Kejari Batu dengan di bantu Kejari Sleman, telah menangkap DPO perkara korupsi Penyimpangan proses kenaikan pangkat dan pengangkatan dalam jabatan struktural PNS pada pemerintah kota batu tahun 2002.

    "Berhasil amankan terpidana Drs. Budiono Iksan (68 thn) warga Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Mantan Pj. Kabag Kepegawaian Sekda Kota Batu (2001-2004) saat berada di Kabupaten Sleman, " ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim, Fathur Rohman, SH. MH. kepada wartaadhyaksa.com, Jum'at (24/6/2022).

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Terpidana atas nama Drs. Budiono Iksan (68 thn), Mantan Pj. Kabag Kepegawaian Sekda Kota Batu (2001-2004) telah divonis bersalah dalam kasus perkara korupsi Penyimpangan proses kenaikan pangkat dan pengangkatan dalam jabatan struktural PNS pada pemerintah kota batu tahun 2002.

    JEJAKPOLITISI.COM
    market.biz.id JEJAKPOLITISI.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Setelah melalui proses panjang di pengadilan, dan telah ditetapkan putusan inkrah oleh MA, terpidana dipanggil JPU secara patut namun tidak hadir, Sehingga ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

    Setelah mendapatkan informasi keberadaan mereka, tim Tabur bergerak dan melacaknya, hingga terendus keberadaannya, lalu terpidana Drs. Budiono Iksan (68 thn), ditangkap karena pada saat dipanggil oleh Jaksa Penuntut umum tidak hadir untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung RI Nomor. 1722 K/Pid.Sus/2014, yang pokonya menyatakan terpidana telah melakukan tindak pidana korupsi proses kenaikan pangkat dan jabatan struktural PNS dilingkungan Pemkot Batu pada tahun 2002 mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 1.356.242.571, menghukum pidana penjara selama 5 (lima) tahun, denda Rp. 200.000.000, - (dua ratus juta rupiah) subsider 6 bulan, " papar Fathur menegaskan.

    WARTAMADRASAH.COM
    market.biz.id WARTAMADRASAH.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Bahwa terpidana Drs. Budiono Iksan (68 thn), berhasil ditangkap oleh tim tabur setelah di pantau selama kurang lebih satu bulan di daerah Jogjakarta, kemudian setelah dipastikan lokasi tempat dan kebiasanya, terpidana berhasil ditangkap dikebun pisang sekitar jalan Godean KM 8, Kab. Sleman, Prov Jogjakarta, setelah ditangkap kemudian terpidana di bawa ke Kejari Batu untuk proses hukum lebih lanjut.

    Setelah membawa terpidana Drs. Budiono Iksan ke Kejari Batu,  selanjut Tim Tabur gabungan Kejaksaan Agung RI, Kejati Jatim dan Kejari Batu bergabung dengan tim tabur pendahulu.

    Disusul buronan (DPO) Kejari Batu terpidana atas nama Panca Sambodo Suwardi (48), warga asal Kel Mulyorejo, Kec. Sukun, Kota Malang pada Rabu (23/6/2022) sekira pukul 11.50 WIB ditangkap ditempat persembunyiannya di rumahnya wilayah Batu.

    JUSTISIA.CO.ID
    market.biz.id JUSTISIA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Bahwa terpidana di tangkap berdasarkan Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi PN Surabaya Nomor : 77/Pid.Sus/TPK/2018/PN.SBY Tanggal 24 Agustus 2018 yang pada pokoknya menyatakan terpidana Panca Sambodo Suwardi terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan buku penyusunan profile daerah pada Badan Perencanaan Daerah Kota Batu Tahun Anggaran 2016, dijatuhi hukuman pidana penjara selama 5 (lima) tahun dengan pidana denda sebesar Rp.200.000.000, - (dua ratus juta rupiah) subsider Kurungan 1 (satu) tahun dan menghukum terpidana untuk membayar uang pengganti sebesar Rp.52.398.569, - (lima puluh dua juta tiga ratus sembilan puluh delapan ribu lima ratus enam puluh sembilan rupiah) subsider Penjara 2 (dua) tahun dan 6 (enam) bulan; 

    Setelah putusan mempunyai kekuatan hukum tetap dan hendak di eksekusi oleh JPU, terpidana  tidak memenuhi panggilan dan tidak diketahui keberdaanya, sehingga masuk dalam daftar DPO Kejari Batu, dan dilakukan pencarian.

    Kemudian pada sekitar awal mei 2022 diperoleh informasi bahwa terpidana menjenguk keluarganya tetapi datang pada tengah malam atau dini hari kerumahnya, selanjutnya tim tabur melakukan pemantauan secara intensif dan pada saat terpidana  pulang kerumah berhasil di tangkap, selanjutnya terpidana dibawa ke kejari untuk proses lebih lanjut, " ujarnya.

    Kasi Penkum, Fathur juga menghimbau kepada para terpidana yang masih buron dan telah divonis bersalah, melalui putusan inkrah dalam perkaranya, kemudian masuk DPO, sebaiknya segera menyerahkan diri. Karena tidak ada tempat aman bagi yang sudah terpidana masuk DPO atau dinyatakan buronan, " tegasnya. (Jon)

    SURABAYA SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Dihadapan Dansat, Kapolri Tekankan Sinergitas...

    Artikel Berikutnya

    Bupati Gresik: Lulusan Vokasi Harus Menciptakan...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 2242

    Registered: Jul 17, 2020

    Suhendi

    Suhendi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 148

    Registered: Apr 8, 2022

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 742

    Registered: Aug 19, 2021

    Calvin Maruli

    Calvin Maruli verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Nov 8, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Dandim 1507/Saumlaki Komandan Upacara Pemberangkatan Satgas Pulau Terluar Koops XVI TA 2022
    Sekda Andre Algamar Lantik 6 Pejabat Fungsional 
    Warga Jorong Koto Kaciak Tewas Tenggelam di Danau Maninjau saat Mancing
    Ustaz Zainal Arifin Ajak Peduli Sesama yang Tertimpa Musibah

    Rekomendasi

    Lagi, Kontingen Kabupaten Sumenep Tambah Dua Emas dan Satu Perak
    Penandatanganan Naskah Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021
    Bupati Sumenep Ajak Dandim Baru Ikut Cegah Peredaran Narkoba
    Pertama di Indonesia, ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior
    Dekan FKM UNAIR Optimis Perwali Mampu Tingkatkan KTR di Surabaya

    Ikuti Kami