Tim Abmas ITS Ajak UMKM Peduli Sertifikasi Halal

    Tim Abmas ITS Ajak UMKM Peduli Sertifikasi Halal
    Kegiatan pelatihan sertifikasi halal dan digital marketing kepada UMKM secara daring oleh ITS Tekno Sains dan Tim KKN Abmas

    SURABAYA – Saat ini, masih banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM yang mengklaim halal produknya secara personal dibandingkan melalui audit dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Berangkat dari permasalahan tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut berperan aktif dengan melakukan pelatihan dan pendampingan halal pelaku UMKM melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas).

    Ketua KKN Abmas Halal Departemen Teknik dan Sistem Industri (DTSI) ITS, Niken Anggraini Savitri ST MT mengungkapkan bahwa salah satu usaha mencapai kemajuan di industri halal adalah meningkatkan nilai jual produk UMKM di Indonesia. Caranya adalah dengan memperoleh sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). “Namun, masih banyak pelaku UMKM yang enggan untuk melakukan investasi di sertifikasi halal, ” jelasnya prihatin, Senin (28/2/2022).

    Pizza Hut Black Pizza
    market.biz.id Pizza Hut Black Pizza
    6% Rp 1.750
    Beli sekarang!

    Bergerak solutif menilai hal tersebut, Pusat Kajian Halal (PKH) ITS bekerja sama dengan ITS Tekno Sains melakukan pelatihan dan sosialisasi mengenai sertifikasi halal kepada UMKM. Kemudian, ungkap Niken, program tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan KKN Abmas pendampingan halal oleh mahasiswa ITS kepada 10 UMKM terpilih. “ITS mengajak mahasiswa untuk ikut terjun ke lapangan dan terlibat langsung dengan UMKM, ” tuturnya.

    Niken mengatakan, awalnya sosialisasi sertifikasi halal ini ditargetkan kepada seluruh UMKM yang memiliki potensi dan komitmen besar untuk memiliki sertifikasi halal terhadap produknya. Dengan berbagai pertimbangan dan melihat potensi yang ada pada setiap UMKM, terpilihlah sepuluh UMKM yang sanggup mengikuti rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat mulai dari sosialisasi awal hingga persiapan dokumen-dokumen kebutuhan pengajuan sertifikasi halal.

    BIGISSUE.ID
    market.biz.id BIGISSUE.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Rapat koordinasi dan pendampingan UMKM terkait surat ajuan sertifikasi halal.

    Terkait pelatihan sertifikasi halal ini, ITS Tekno Sains dan anggota Abmas membagi skema pelatihan ke dalam dua alur, yaitu pelatihan kader halal dan pelatihan bisnis digital. Kegiatan pelatihan ini memberikan materi seputar konsep halal-haram, NIB, PIRT, BPOM, alur proses pengajuan sertifikasi halal serta keuangan syariah. “Untuk bisnis digital, pelatihan difokuskan terkait peluang untuk berkembang dan memiliki competitive advantage di market global, ” ujarnya.

    Mengenai pelaksanaan pendampingannya, dosen dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS ini menjelaskan bahwa proses yang dilakukan mengikuti pengarahan dari dosen pembimbing untuk melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran sertifikasi halal. “Pengarahan ini adalah strategi efektif untuk mendorong peningkatan perekonomian di bidang industri halal, dimana pemerintah telah mewajibkan keberadaan sertifikasi halal tersebut, ” jelas Niken.

    INFOPUBLIK.CO.ID
    market.biz.id INFOPUBLIK.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dosen pengampu laboratorium Logistic and Supply Chain Management TSI ITS ini turut memberikan saran kepada PKH untuk menekankan pentingnya pengarahan intens kepada pelaku UMKM mengenai kebutuhan sertifikasi halal sehingga para pelaku UMKM paham mengenai pemenuhan persyaratan dan berkomitmen penuh.  “Akan lebih baik jika ada semacam sistem informasi terintegrasi yang memfasilitasi tim Abmas untuk memonitor UMKM yang telah didampingi, ” papar Niken.

    Meskipun melalui proses yang cukup panjang, Niken berpendapat bahwa pelaksanaan KKN Abmas Halal ini telah menuai banyak manfaat. Selain membantu pemerintah memajukan industri halal di Indonesia, mahasiswa sebagai pelaksana juga dapat bertambah wawasannya di bidang kewirausahaan. Untuk itu, Niken berharap ke depannya ITS dapat terus menggaet lebih banyak pelaku bisnis dan usaha. “Sehingga dapat memperkenalkan konsep halal dan mengajak mereka untuk mengajukan sertifikasi halal, ” pungkasnya. (*) 

    POLITISI.ID
    market.biz.id POLITISI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Reporter: Fauzan Fakhrizal Azmi

    Redaktur: Astri Nawwar Kusumaningtyas

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Pakar UNAIR Sebut Penerapan BPJS Jadi Syarat...

    Artikel Berikutnya

    KAI Daop VII Madiun Bersama Komunitas Rail...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 420

    Postingan Tahun ini: 1569

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 412

    Postingan Tahun ini: 2080

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 159

    Postingan Tahun ini: 544

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 130

    Postingan Tahun ini: 427

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Nanang suryana saputra verified

    Ada Apa Di Hutan Sirah Warangan Desa Bangunkarya Pangandaran
    Ini Salah Satu Yang Dilakukan Serda Andrianis Saat Komsos Dengan Warga Masyarakat
    Giat Kapolsek Cikakak di HUT Bhayangkara ke 76
    Berbagai Kegiatan Sosial di Koramil Jampangkukon pada Sail and Touring Sekeseler Siliwangi di Wilayah Kodim Sukabumi

    Rekomendasi

    Bersama Organisasi Mahasiswa dan Banom NU, Lakpesdam MWCNU Paiton Bedah Buku Badai Politik Uang
    Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Bersama Forkopimda Lepas Keberangkatan 446 Jamaah Calon Haji Asal Gresik
    Wabup Fattah Jasin Support  Langsung Atlet Asal Pamekasan di Porprov VII Jatim
    Dorong Desa Optimalkan SDGs, Bupati Gresik Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa di Kota Batu
    Ingin Kuliah Kedokteran Gratis dari Bupati Pamekasan? Ini Syaratnya

    Ikuti Kami